Senin, 20 Agustus 2018

Tes Kedua : Tes Anatomi & Kesamaptaan Poltek-GT 2018



Baik, jika kalian sampai ke tahap ini maka kalian adalah orang yang telah lolos dari tes tahap pertama yang mengurangi separuh dari pendaftar di Politeknik Gajah Tunggal. Pada tes kedua ini Anatomi dan Kesemaptaan. Tes ini biasanya dibagi menjadi 2 hari. Pada tes ini saya menyarankan berangkat pagi-pagi sekali, karena tes ini siapa cepat dia dapat. Sampai di Politeknik Gajah Tunggal, lakukan registrasi seperti saat tes pertama, ingat... jangan lama-lama untuk mencari nomer pendaftaran kalian, karena tes ini adalah siapa cepat dia duluan dan cepat pulang. Nanti kalian di meja registrasi akan dibagikan form yang berisikan daftar nilai yang nantinya akan diisi oleh panitia saat tes.

Setelah melakukan registrasi bergegas untuk ke ruang ganti pakaian dan ganti pakaian olahraga/training. setelah ganti pakaian kalian akan mengantri untuk melakukan cek tensi darah. Pada tes ini kalian yang laki-laki harus bersabar karena yang laki-laki disuruh mengalah pada yang perempuan. Oke, tensi darah seperti biasa yang dilakukan di rumah sakit atau di dokter-dokter. Setelah melakukan tensi darah, nanti kalian akan disuruh ke untuk kumpul ke kloter. setiap kloter terbentuk dari 20 orang. setelah kloter terbentuk kalian nanti akan pandu oleh panitia ke lapangan. Disini nanti akan dimulai tesnya. Pertama kalian akan melakukan tes Samapta A, yaitu lari lapangan 12 menit. Tips melakukan lari lapangan 12 menit yaitu dengan santai seperti jogging biasa, jangan lari sprint atau nanti kalian tidak akan tahan lama, kalau lelah boleh jalan sebentar lalu langsung lari lagi supaya tidak membuang banyak waktu, usahakan mendapatkan 8-9 putaran ya. nanti yang mendapat paling banyak putaran akan dikasih Pocary Sweet langsung dari panitia, dulu saya cuma dpt 8 putaran. setelah lari nanti kalian diperbolehkan istirahat sebentar, lalu dilanjutkan dengan tes Samapta B, yaitu Push Up, Sit Up, dan Shuttle Run (lari angka 8). pertama kalian nanti akan melakukan Push Up. disini nanti push up ada aturan nya yang benar atau salah. kalau salah tidak akan dihitung. Nanti akan ada panitia yang akan memberi contoh push up yang benar dan dinilai. setelah itu nanti kalian akan disuruh push up selama 1 menit. Setelah itu nanti dilanjut untuk Sit Up, nanti juga akan ada panitia memberi contoh Sit Up yang benar dan dinilai.setelah itu kalian melakukan sit up 1 menit, dapatkan sebanyak-banyaknya untuk push Up dan Sit Up nya ya. setelah itu nanti kalian akan melakukan tes Shuttle Run, yaitu lari angka delapan, nanti kalian akan melakukan 3 putaran Shuttle run, dapatkan waktu sesingkat-singkatnya. Setelah tes Samapta A & B selesai kalian akan disuruh umtuk mengumpulkan form penilaian tes Samapta kepada panitia dan istirahat sebentar, nanti disediakan Air minum dan Roti, air minum nya ambil sepuasnya tapi ingat, masih ada yang antri :v.

Setelah itu kalian akan melanjutkan tes Anatomi, tes anatomi adalah tes pengecekan postur tubuh kalian mulai dari tinggi badan, berat badan, dan cedera-cedera yang pernah kalian alami, dan kalian nanti disuruh untuk melakukan seperti hadap kanan, hadap kiri, balik kanan dll seperti pelatihan baris berbaris. setelah selesai nanti kalian akan disuruh mengumpulkan juga form tes Anatomi nya, dan menunggu validasi dari panitia sebelum pulang. Dan setelah saya mau pulang, eh ternyata disuruh nunggu lagi di lantai bawah untuk tes Buta Warna. Disini nanti perempuan lagi yang didahuluin jadi kalian para laki-laki bersabarlah wkwkwkw. setelah tes Buta Warna selesai, tunggu panitia untuk mem validasi tes kalian, jika kalian sudah boleh pulang silahkan pulang, tapi jika belum ada nama kalian disuruh untuk pulang, jangan sekali-kali untuk pulang, karena nanti tes kalian tidak akan lolos.
Sekian sedikit cerita saya dari tes Anatomi dan Kesamaptaan di Politeknik Gajah Tunggal. Terima kasih.
Load disqus comments

0 komentar